• Istilah

1. Ijarah adalah pembiayaan dengan prinsip sewa menyewa atas manfaat barang dan/atau jasa yang halal dan jelas spesifikasinya dengan imbalan berupa ujrah (harga sewa) bagi Bank.

2. Ijarah muntahiya bit tamlik (IMBT) adalah pembiayaan dengan prinsip sewa atas aset antara Bank sebagai pemilik asset dan nasabah sebagai penyewa dengan imbalan berupa sewa sesuai kesepatan. Disepakati pada akhir masa sewa asset tersebut akan dialihkan kepada Nasabah dengan opsi jual beli atau hibah

3. Mudharabah adalah pembiayaan dengan prinsip bagi hasil atas kerajasama usaha yang halal antara Bank (pemilik dana) dan Nasabah (pengelola usaha) dengan pembagian keuntungan sesuai porsi (nisbah) yang disepakati.

4. Musyarakah adalah pembiayaan dengan prinsip bagi hasil atas kerjasama suatu usaha yang halal antara mitra usaha (Bank dan Nasabah) dengan pembagian keuntungan berdasarkan porsi (nisbah) yang disepakati.

5. Musyarakah Mutanaqishah (MMQ) adalah pembiayaan dengan prinsip bagi hasil atas kerjasama usaha antara Bank dan Nasabah. Selanjutnya disepakati bahwa Nasabah akan mengangsur porsi modal Bank secara bertahap. Contoh aplikasi: pembelian mesin.

6. Murabahah adalah pembiayaan dengan prinsip jual beli atas suatu barang halal antara Bank (penjual) dan Nasabah (pembeli) dengan harga sebesar harga perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati.

7. Qardh adalah pembiayaan dengan prinsip Hutang Piutang dari Bank kepada Nasabah tanpa adanya keuntungan yang disepakati.

8. Pembiayaan adalah penyediaan dana dan/atau tagihan berdasarkan akad yang digunakan.

9. Ujrah adalah imbalan yang menjadi kewajiban Nasabah kepada Bank sesuai kesepatakan dalam pembiayaan Ijarah dan IMBT serta transaksi lainnya berdasarkan prinsip Kafalah dan Wakalah.

10. Margin adalah keuntungan yang mejadi hak Bank yang disepakati dalam akad pembiayaan berbasis jual beli seperti Murabahah.  

11. Nisbah Bagi Hasil adalah Porsi pembagian keuntungan pada pembiayaan berbasis bagi hasil (musyarakah, mudharabah dan MMQ) yang dihitungan dari pendapatan usaha Nasabah. Contoh : 60% (Nasabah) : 40% (Bank)

12. Muqashah adalah potongan sisa kewajiban Nasabah yang diberikan oleh Bank kepada atas karena adanya prestasi atau melakukan pelunasan dipercepat pada pembiayaan Murabahah dan Ijarah.  

13. Ta'widh adalah ganti rugi yang dibebankan kepada Nasabah karena kelalaian melanggar kesepakatan yang menimbulkan kerugian di sisi Bank. Kerugian yang dimaksud adalah kerugian riil dan bukan potential lost.

14. Ta'zir adalah denda yang dibebankan kepada Nasabah karena dengan sengaja menunda pembayaran kewajiban. Denda bukan pendapatan Bank dan harus disalurkan untuk kepentingan sosial.

15. Urbun / Uang Muka adalah uang muka yang disyaratkan oleh Bank untuk dibayar oleh Nasabah dan diperlakukan sebagai bagian dari pembayaran harga jual Bank.

16. Wakalah adalah akad pemberian kuasa oleh satu pihak kepada pihak lain dalam hal-hal yang boleh diwakilkan. Contoh aplikasi akad Wakalah adalah: Bank memberikan Wakalah kepada Nasabah dalam pembiayaan Murabahah untuk membeli barang / obyek pembiayaan.

Tabungan CIMB Niaga Syariah

Info lebih lanjut

Festival Xtra

Info lebih lanjut
Phone Banking 14041