• Laporkan Program AMDB 2016, CIMB Niaga Terus Lakukan Edukasi Keuangan

Press Release

Rabu, 1 Februari 2017

 

Laporkan Program AMDB 2016, CIMB Niaga Terus Lakukan Edukasi Keuangan

 

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melaporkan realisasi pelaksanaan salah satu program corporate social responsibility (CSR) bertajuk program Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) yang dilaksanakan sepanjang 2016. Dalam laporannya, program AMDB 2016 telah memberikan edukasi perbankan sederhana kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga melakukan penggalangan dana untuk mendukung kualitas pendidikan anak bangsa.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, AMDB merupakan program edukasi dan literasi keuangan perbankan sebagai dukungan terhadap kegiatan yang dicanangkan OJK untuk menumbuhkan budaya menabung dan berbagi pada anak-anak sejak dini.

“Survei OJK menyebutkan penduduk Indonesia yang memanfaatkan produk keuangan belum mencapai 60%. Program AMDB kami laksanakan untuk membantu meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan produk keuangan sekaligus berbagi kepada kalangan yang kurang beruntung,” ujarnya saat acara Akuntabilitas Program AMDB 2016 di Jakarta, Rabu (1/2).

Lebih lanjut Fransiska mengatakan, sepanjang 2016, program AMDB telah memberikan edukasi perbankan sederhana kepada 6.214 siswa di 41 sekolah, terdiri dari 21 SD dan 20 SMP di 12 kota di Indonesia, yaitu Padang, Pekanbaru, Pontianak, Palangkaraya, Kendari, Timika, Kupang, Kediri, Tulungagung, Purwokerto, Tasikmalaya dan Jakarta. Tidak hanya dengan para siswa, CIMB Niaga juga mengajak keterlibatan aktif para kepala sekolah dan guru untuk menjalankan program tersebut.

Pada pelaksanaan AMDB 2016, para siswa SD melakukan berbagai aktivitas, seperti permainan video games edukatif Run Banking Run, permainan ular tangga literasi keuangan, mini banking role play, sosialisasi manfaat menabung dan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan iB SimPel, aksi penggalangan dana dan aksi penanaman pohon bersama. Sedangkan aktivitas para siswa SMP terdiri dari CIMB Niaga berbagi ilmu perbankan, kuis literasi keuangan, sosialisasi tabungan SimPel dan iB SimPel, permainan Ayo Duplikasi Gambar, dan Digital Writing Competition.

Selain memberikan edukasi, AMDB 2016 juga mendorong masyarakat untuk memiliki rasa simpati dan empati kepada yang kurang beruntung. Dalam hal ini, melalui program AMDB 2016, CIMB Niaga melakukan aktivitas penggalangan dana dimana dana yang terkumpul dimasukkan ke dalam rekening khusus Ayo Menabung dan Berbagi dan hingga 31 Desember 2016, dana yang terkumpul mencapai Rp152,16 juta.

Selanjutnya, total dana yang terkumpul tersebut disalurkan kepada Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia (Indonesia Heritage Foundation-IHF), yang mempunyai dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap  peningkatan kualitas pendidikan anak Indonesia. Dana program akan digunakan untuk pelatihan holistik berbasis pendidikan karakter bagi guru-guru Taman Kanak-Kanak/Pendidikan Anak Usia Dini (TK/PAUD). Kerja sama CIMB Niaga dengan IHF telah berlangsung selama 5 tahun sejak 2012 hingga saat ini dan sebanyak 142 guru dari 62 TK/PAUD telah mengikuti pelatihan dan menerapkan di TK/PAUD masing-masing.

Dalam acara tersebut, juga diumumkan para pemenang Digital Writing Competition bertemakan menabung dan berbagi. Kompetisi yang dinilai oleh juri internal dan eksternal ini, ditujukan kepada siswa SMP di seluruh Indonesia dengan total hadiah sebesar Rp10 juta.

Program AMDB 2017

Selain melaporkan pencapaian tahun lalu, di kesempatan yang sama, Fransiska juga meresmikan ulang program AMDB untuk 2017 yang akan dilaksanakan di 10 kota, yaitu Serang, Sukabumi, Tegal, Solo, Malang, Lhokseumawe, Pematang Siantar, Pangkal Pinang, Tarakan, dan Manado. Sama seperti tahun lalu, dalam AMDB 2017 juga akan dilaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan, diantaranya yaitu Tour de Bank, Ayo Duplikasi Gambar dan Kuis Literasi Keuangan.

“Semoga aktivitas yang kami berikan ini membawa manfaat kepada masyarakat dan mendorong pertumbuhan sektor keuangan di Indonesia. Kami berharap program ini semakin diminati sehingga dampaknya pun akan semakin meluas, termasuk untuk perkembangan bisnis CIMB Niaga ke depan,” tutup Fransiska.

 

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 697 jaringan kantor per 30 September 2016, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 528, Mikro Laju sebanyak 95, kantor kas dan payment point sebanyak 54 unit (termasuk 21 digital lounge), dan kas mobil sebanyak 20 unit. CIMB Niaga memiliki 13.069 karyawan per 30 September 2016.

CIMB Niaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama tumbuh dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan Asia Tenggara, yang mana sesuai dengan brand positioning dari CIMB Group, “ASEAN For You”.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 September 2016, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD10,1 miliar dan jumlah karyawan sekitar 40.000 orang yang tersebar di 16 negara.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Slamet Sudijono
Head of Marketing, Brand and Communications
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 ext. 77901
Website: www.cimbniaga.com