• CIMB Niaga Jalin Kerja Sama Cash Management dengan Konimex Group

Press Release

Jumat, 10 Maret 2017

 

CIMB Niaga Jalin Kerja Sama Cash Management dengan Konimex Group

 

SOLO. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Konimex Group dalam hal layanan cash management. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kemitraan yang sudah dilakukan sejak 1974 dan tahun ini diperluas dalam hal layanan host-to-host yaitu Gateway@CIMB atau yang biasa dikenal dengan sebutan Payment Gateway.

Sebelumnya, CIMB Niaga dan Konimex Group telah menjalin kerja sama terkait payrolll, eTax Payment (MPN G2), staff loan, Corporate Card dan Regular Card, beragam fasilitas digital banking, fasilitas kredit dari Commercial Banking, dan sejumlah layanan perbankan lainnya.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Deputy Chief of Transaction Banking CIMB Niaga Andrew Suhandinata dan Direktur Konimex Group Rachmadi Joesoef dan disaksikan oleh Komisaris Konimex Group Djoenaedi Joesoef, di PT Konimex, Sanggrahan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (10/3).

“Melalui Gateway@CIMB, Konimex dapat memproses data secara bulk yang dibuat dari sistem internal Konimex dan langsung terhubung dengan BizChannel@CIMB melalui Gateway@CIMB sehingga Konimex tidak perlu mengupload data secara manual di BizChannel@CIMB. Dengan adanya proses otomasi tersebut atau host-to-host, alur pengelolaan kas Konimex Group akan menjadi lebih aman, optimal, dan efisien,” ujar Andrew.

Andrew juga menjelaskan, BizChannel@CIMB mampu memberikan manfaat pengelolaan keuangan bagi Konimex Group, baik dari sisi keamanan maupun efisiensi waktu dan biaya, sehingga perseroan dapat meminimalisir risiko ”human error” serta memudahkan dalam proses rekonsiliasi.

“Kerja sama dalam penyediaan layanan cash management dengan korporat besar menjadi fokus kami untuk terus ditingkatkan. Harapan kami, hal ini turut mendukung pertumbuhan perekonomian nasional,” tambah Andrew.

Seperti diketahui, Konimex Group merupakan kelompok usaha yang diawali dengan didirikannya PT Konimex, perusahaan yang bergerak di bidang Farmasi sejak 1967 dan kini telah melebarkan sayap dengan memasuki usaha di sejumlah bidang lainnya, seperti bidang produksi biskuit, wafer, kembang gula, snack diet, produk-produk herbal, dan sebagainya. Selain itu, untuk mendistribusikan produk-produknya didirikanlah PT Marga Nusantara Jaya.

“Konimex Group telah menjadi nasabah dan mitra kami sejak 1974. Kerja sama ini menunjukkan kepercayaan Konimex Group kepada CIMB Niaga untuk mengelola dananya. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi perusahaan yang memanfaatkan layanan cash management CIMB Niaga,” ungkap Andrew.  

CIMB Niaga berharap kerja sama dengan Konimex Group dapat terus ditingkatkan melalui layanan lainnya, seperti distributor financing dan supply chain host-to-host payment, sehingga kedua perusahaan dapat terus bertumbuh bersama sebagai mitra bisnis yang saling mendukung.

Sementara itu, Direktur Konimex Group Rachmadie Joesoef menyambut gembira kerjasama dengan CIMB Niaga. Menurutnya, dengan jaringan kantor CIMB Niaga yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, ditambah dengan layanan perbankan yang telah terhubung langsung (online), akan mempermudah dan memperlancar aktivitas bisnis Konimex dan distributornya yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Rachmadi mengatakan pihaknya mengapresiasi kerja sama yang terus terjalin dengan CIMB Niaga. “Kami berharap kemitraan ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Kami meyakini layanan host to host dari CIMB Niaga akan mendukung perkembangan bisnis Konimex Group ke depan.” tutup Rachmadi.

 

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 634 jaringan kantor per 31 Desember 2016, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 521, Mikro Laju sebanyak 39, kantor kas dan payment point sebanyak 54 unit (termasuk 22 digital lounge), dan kas mobil sebanyak 20 unit. CIMB Niaga memiliki 13.185 karyawan per 31 Desember 2016.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2016, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD8,9 miliar dan jumlah karyawan sekitar 40.000 orang yang tersebar di 16 negara.

 

Tentang Konimex Group

PT Konimex didirikan pada tanggal 8 Juni 1967 di Solo. Awalnya merupakan perusahaan obat yang didirikan Bp. Djoenaedi Joesoef. Pada tahun 1970 mendapat fasilitas penanaman modal dalam negeri (PMDN). Oleh karena perkembangan usaha, pada tahun 1980 perusahaan yang semula di kota Solo pindah ke Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah  sampai dengan saat ini.

Perusahan yang tahun ini genap berusia 50 tahun, dalam berproduksi mempunyai motto : “3MU, yakni Mutu – Mudah – Murah sejak tahun 2005  berhasil meraih sertifikat ISO 9001 : 2000 dan saat ini sudah diperbaharui dengan ISO 9001: 2008. Selain itu PT Konimex juga telah meraih sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)  maupun Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk berbagai kategori sediaan baik non antibiotika maupun antibiotika.

Agar produk-produknya mudah didapat calon konsumen, Konimex mendirikan perusahaan distributor yaitu PT Marga Nusantara Jaya yang mempunyai 54 kantor cabang yang tersebar di 50 kota di Indonesia dari Banda Aceh sampai Jayapura.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Slamet Sudijono
Head of Marketing, Brand and Communications
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 ext. 77901 
Website: www.cimbniaga.com      

 

 

Tanto Nugroho
Secretary of Noard of Director
Konimex Group
Tel: +62271 719966
Website: www.konimex.com