• CIMB Niaga Integrasikan Layanan Nasabah

Press Release

Rabu, 8 Februari 2017

 

CIMB Niaga Integrasikan Layanan Nasabah

Libatkan hingga 60 penyandang disabilitas sebagai petugas Telesales dan Phone Banking

 

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) senantiasa memberikan pelayanan terbaiknya kepada nasabah. Sejalan dengan hal itu, perseroan telah menyiapkan fasilitas layanan Telesales, Phone Banking, dan Video Banking yang diintegrasikan dalam satu lokasi.

“Dengan integrasi fasilitas Telesales, Phone Banking, dan Video Banking tersebut, pelayanan kepada nasabah diharapkan semakin efektif dan mudah sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja CIMB Niaga,” demikian dikatakan Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan saat meresmikan ketiga fasilitas tersebut di kantor CIMB Niaga Gajah Mada, Jakarta.

Sebelumnya, lanjut Lani, layanan Telesales yang berfungsi untuk menawarkan produk funding dan personal loan CIMB Niaga, berlokasi di tiga gedung yang berbeda. Adapun fasilitas Phone Banking 14041 dan Video Banking yang dapat diakses melalui Digital Lounge, yang siap memberikan informasi perbankan, produk, promosi maupun berbagai kebutuhan transaksi perbankan, sebelumnya juga ditempatkan di lokasi yang berbeda.

Menurut Lani, upaya menempatkan tiga layanan dalam satu atap ini merupakan bagian dari strategi bisnis yang diterapkan CIMB Niaga, yaitu meningkatkan efisiensi. “Mempercepat pelayanan kepada nasabah dari satu lokasi terintegrasi (one stop service) yang didukung dengan transformasi teknologi dan informasi, menjadi concern kami untuk mendukung efisiensi,” tuturnya.

Terkait dengan integrasi tersebut, kantor CIMB Niaga Gajah Mada yang menjadi lokasi ketiga layanan itu pun direnovasi. Gedung yang memiliki nilai sejarah ini dilengkapi dengan konsep ramah lingkungan, dengan tetap mengedepankan esensi heritage yang telah melekat di dalamnya.

Petugas disabilitas

Renovasi gedung CIMB Niaga Gajah Mada sejalan dengan semangat dan komitmen perseroan dalam memberi fasilitas yang layak bagi para karyawannya. Pasalnya, CIMB Niaga telah berinovasi dengan mengajak para penyandang disabilitas menjadi bagian dari kegiatan bisnisnya, terutama untuk layanan Telesales dan Phone Banking.

CIMB Niaga telah melibatkan penyandang disabilitas menjadi petugas Telesales dan Phone Banking sejak 2013. Perseroan meyakini penyandang disabilitas memiliki kemampuan secara rata-rata  yang relatif sama dengan karyawan non-disabilitas. Saat ini, jumlah penyandang disabilitas yang bekerja menjadi petugas Telesales dan Phone Banking perseroan berjumlah 51 orang. Diharapkan, jumlah ini akan meningkat hingga 60 orang pada kuartal pertama tahun ini.

“Di gedung yang baru ini, kami menyediakan fasilitas untuk beristirahat dan lingkungan yang ramah dengan para penyandang disabilitas. Fasilitas ini merupakan perangkat pendukung mereka yang siap melayani nasabah selama 24 jam,” ujar Lani.

Selain renovasi gedung, pekerjaan para petugas disabilitas juga ditopang dengan adanya kemajuan teknologi. Mereka dapat bekerja secara baik dengan menggunakan software pembaca layar yang tersedia di komputer.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Yayasan Mitra Netra yang telah berperan aktif mengajarkan dan menyebarluaskan akses teknologi komputer kepara para penyandang disabilitas. Mereka pula yang mereferensikan para pekerja disabilitas tersebut untuk menjadi petugas Telesales dan Phone Banking kami,” ujar Lani.

Sebagai bentuk dukungan atas upaya tersebut, CIMB Niaga menyerahkan bantuan berupa 10 unit laptop kepada Yayasan Mitra Netra. Dengan bantuan itu, organisasi nirlaba yang fokus pada upaya meningkatkan kualitas dan partisipasi penyandang disabilitas ini diharapkan dapat mengoptimalkan program pelatihan yang diberikan untuk para penyandang disabilitas.

 

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 697 jaringan kantor per 30 September 2016, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 528, Mikro Laju sebanyak 95, kantor kas dan payment point sebanyak 54 unit (termasuk 21 digital lounge), dan kas mobil sebanyak 20 unit. CIMB Niaga memiliki 13.069 karyawan per 30 September 2016.  

CIMB Niaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama tumbuh dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan Asia Tenggara, yang mana sesuai dengan brand positioning dari CIMB Group, “ASEAN For You”.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 September 2016, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD10,1 miliar dan jumlah karyawan sekitar 40.000 orang yang tersebar di 16 negara.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Slamet Sudijono
Head of Marketing, Brand and Communications
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 ext. 77901 
Website: www.cimbniaga.com