• Dukung Stabilitas Rupiah, CIMB Niaga Tawarkan Produk Lindung Nilai DNDF

Press Release
Senin, 19 November 2018

Dukung Stabilitas Rupiah, CIMB Niaga Tawarkan Produk Lindung Nilai DNDF

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk meningkatkan stabilitas nilai tukar rupiah dengan menawarkan produk lindung nilai atau hedging terbaru yakni Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF). Produk terbaru ini ditujukan bagi para nasabah dan mitra bisnis yang memiliki eksposur terhadap risiko nilai tukar rupiah.

Direktur Treasury and Capital Market CIMB Niaga John Simon mengatakan, di tengah fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (USD), para pelaku ekonomi membutuhkan alternatif produk lindung nilai untuk memitigasi risiko kerugian akibat pergerakan nilai tukar di masa mendatang.

“Kami menyambut baik kebijakan BI tentang DNDF tersebut dan siap memfasilitasi nasabah kami untuk memanfaatkan instrumen lindung nilai terbaru ini,” kata John Simon saat sosialisasi DNDF kepada para nasabah dan mitra bisnis pada acara CIMB Niaga Market Outlook 2019 bertema DNDF: Alternative Hedging Instrument for Your Foreign Exchange Exposure di Jakarta, Senin (19/11/2018).

John menjelaskan, DNDF merupakan instrumen lindung nilai  yang disediakan BI kepada perbankan untuk dapat menawarkan transaksi forward bagi nasabah dengan penyelesaian transaksi secara fixing dalam mata uang rupiah di pasar valuta asing dalam negeri. Mekanisme fixing lebih menguntungkan, karena nasabah maupun bank tidak perlu memindahkan seluruh dana pokok, melainkan hanya selisih kurs transaksi forward dan kurs yang dijadikan sebagai acuannya.

Adapun kurs yang menjadi acuan dalam transaksi DNDF yaitu JISDOR untuk mata uang dollar Amerika Serikat (AS) terhadap Rupiah dan Kurs Tengah Transaksi BI untuk mata uang non-dollar AS terhadap Rupiah.

“Selain menguntungkan bagi nasabah dan bank, dengan sistem DNDF stabilitas nilai tukar rupiah lebih terjaga. Dengan demikian nasabah yang memanfaatkan fasilitas ini juga turut berkontribusi mewujudkan hal itu,” katanya.

Sebagai wujud kehati-hatian agar tidak dimanfaatkan oleh para spekulan, lanjut John, transaksi DNDF harus didukung underlying transaksi dengan nominal dan jangka waktu yang tidak melebihi nominal dan jangka waktu underlying transaksi. Underlying transaksi dapat berupa perdagangan barang dan jasa, investasi, dan pemberian kredit bank dalam valas.

CIMB Niaga telah mulai melakukan transaksi DNDF baik di interbank maupun dengan nasabah sejak awal November 2018. Dengan tersedianya DNDF, produk hedging yang ditawarkan CIMB Niaga kepada nasabah semakin bervariasi.

“Kami akan terus menyediakan produk-produk yang relevan guna mendukung usaha nasabah agar terus berkembang,” tutup John.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 514 jaringan kantor per 30 September 2018, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 443, kantor kas dan payment point sebanyak 23 unit, 26 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 22 unit. CIMB Niaga memiliki 13.511 karyawan (konsolidasi) per 30 September 2018.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 September 2018, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD13,6 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555
Website: www.cimbniaga.com