• CIMB Niaga Raih ASEAN Corporate Governance Awards 2018

Press Release
Jumat, 23 November 2018

CIMB Niaga Raih ASEAN Corporate Governance Awards 2018

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dinobatkan sebagai salah satu perusahaan publik terbaik di ASEAN yang menerapkan tata kelola perusahaan sesuai standar ASEAN Corporate Governance Scorecard. CIMB Niaga berhasil meraih dua penghargaan yaitu Top 50 ASEAN Public Listed Companies dan Top 3 Public Listed Companies dari Indonesia pada ajang ASEAN Corporate Governance Awards 2018 yang diselenggarakan oleh ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) di Kuala Lumpur, Malaysia beberapa waktu lalu.

Direktur Compliance, Corporate Secretary & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, pengakuan dari lembaga independen berskala regional tersebut menempatkan CIMB Niaga sejajar dengan perusahaan-perusahaan publik terbaik di ASEAN dalam hal penerapan Good Corporate Governance (GCG).

“Penghargaan yang diterima untuk kedua kalinya ini, menjadi motivasi bagi seluruh jajaran di CIMB Niaga untuk terus meningkatkan kepatuhan pada standar tata kelola perusahaan yang berlaku di Indonesia dan ASEAN,” kata Fransiska di Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Menurut Fransiska, implementasi GCG menjadi prioritas CIMB Niaga. Perseroan berkomitmen menerapkan GCG dengan prinsip beyond compliance. Sebab, CIMB Niaga meyakini penerapan GCG akan menjadikan perseroan lebih profesional dan berdaya saing tinggi, sehingga mampu mencapai nilai-nilai maksimal bagi para pemangku kepentingan.

Seperti diketahui, ASEAN Corporate Governance Awards 2018 merupakan penghargaan yang menilai praktik Corporate Governance para emiten di negara-negara Asia Tenggara. Penghargaan ini diinisiasi oleh ACMF dan didukung oleh Asian Development Bank untuk membentuk kerangka kerja tata kelola bersama di seluruh kawasan dan untuk meningkatkan profil perusahaan publik ASEAN dalam komunitas investasi global.

Tahun ini, ACMF juga melibatkan pihak independen untuk melakukan verifikasi langsung ke perusahaan terpilih di enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Vietnam. Penilaian didasarkan pada 5 faktor yaitu rights of shareholders, equitable treatment of shareholders, role of stakeholders, disclosure and transparency, dan responsibilities of the board serta poin bonus atau penalty atas penerapan ke-5 faktor tersebut. 

“Keberhasilan CIMB Niaga terpilih kembali menjadi pemenang ASEAN Corporate Governance Awards tahun ini diharapkan semakin meningkatkan kepercayaan investor dan nasabah. Hal ini menjadi sangat penting bagi sustainability usaha perseroan di masa yang akan datang,” tutup Fransiska.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 514 jaringan kantor per 30 September 2018, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 443, kantor kas dan payment point sebanyak 23 unit, 26 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 22 unit. CIMB Niaga memiliki 13.511 karyawan (konsolidasi) per 30 September 2018.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 September 2018, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD13,6 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555
Website: www.cimbniaga.com