• CIMB Niaga Hadirkan Inovasi Pembelajaran Digital bagi Karyawan

Press Release
Kamis, 28 Februari 2019

CIMB Niaga Hadirkan Inovasi Pembelajaran Digital bagi Karyawan

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berinovasi untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Salah satunya dengan menyediakan platform pembelajaran internal berbasis mobile application bernama Learning on the Go (LoG). Kehadiran platform ini sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi perusahaan perbankan digital terdepan di Indonesia.

“Kami memahami gaya hidup masyarakat modern saat ini ingin serba cepat dan praktis, termasuk karyawan kami yang juga banyak berasal dari generasi milenial. Karena itu, kami senantiasa memanfaatkan teknologi secara optimal untuk meningkatkan digital experience, di antaranya dalam mengembangkan digital learning bagi karyawan melalui aplikasi LoG,” kata Direktur Human Resources CIMB Niaga Hedy Lapian di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Aplikasi yang diluncurkan sejak April 2018 lalu, kini memasuki tahap berikutnya yaitu peningkatan teknologi dan konten melalui LoG 3.0 yang mudah diakses dari perangkat mobile maupun desktop application di mana saja dan kapan saja. Konten yang disajikan berupa materi training dan sertifikasi yang didesain menarik, serta dilengkapi video dan simulator.

Untuk menunjang pembelajaran, LoG 3.0 menggunakan teknologi aplikasi berbasis cloud yang dilengkapi dengan fitur-fitur user-friendly. Fitur tersebut di antaranya sistem pencarian untuk memudahkan pengguna menemukan modul yang diinginkan dan leaderboard yang menyajikan kompetisi menarik bersama rekan kerja.

“Melalui terobosan baru LoG 3.0 ini, kami ingin mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini terbatas di ruang kelas menjadi tanpa batas ruang dan waktu. Belajar cara baru ini kami rancang tak ubahnya seperti bermain game di ponsel, sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi karyawan,” ujar Hedy.

Melalui LoG, setiap karyawan mendapatkan pembelajaran sesuai kebutuhan, baik dari segi pengetahuan, skill, maupun perilaku. Mereka dapat mengikuti peta pembelajaran (learning roadmap) baik yang dirancang secara umum bagi seluruh karyawan, maupun khusus bagi karyawan sesuai bidang pekerjaan utamanya.

Hedy mencontohkan, materi yang wajib diikuti oleh semua karyawan yaitu terkait kompetensi dasar inti seperti pengetahuan tentang produk-produk perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga dan sikap yang harus dimiliki setiap karyawan. Sikap tersebut mencakup customer oriented, integritas, disiplin, komunikatif, kolaboratif, dan sikap kehati-hatian. Adapun materi khusus, misalnya, modul tentang sales journey untuk karyawan bagian penjualan dan services journey bagi karyawan di bidang pelayanan nasabah.

“Kami berharap dengan kemudahan ini seluruh karyawan semakin termotivasi untuk mempelajari berbagai konten yang disediakan LoG sesuai peran masing-masing, target kompetensi, dan waktu yang ditentukan. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk terus meningkatkan kompetensi karyawan secara berkelanjutan,” kata Hedy.

Ia menambahkan, penerapan aplikasi mobile learning ini membuat kegiatan training di CIMB Niaga menjadi lebih cepat, optimal, dan efisien. Terlebih CIMB Niaga merupakan perusahaan dengan jumlah karyawan mencapai 12.461 orang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Bagi kami, karyawan merupakan salah satu aset utama perusahaan, karena itu kami akan terus berinvestasi untuk meningkatkan keahlian mereka, termasuk melalui pengembangan learning platform yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini,” tutup Hedy.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 503 jaringan kantor per 31 Desember 2018, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 430, kantor kas dan payment point sebanyak 20 unit, 26 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.352 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2018.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2018, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD13,2 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555
Website: www.cimbniaga.com