• CIMB Niaga Umumkan Pengunduran Diri Presiden Komisaris

Press Release
Jumat, 19 Oktober 2018

CIMB Niaga Umumkan Pengunduran Diri Presiden Komisaris

­­­­­JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengumumkan telah menerima surat dari CIMB Group Sdn Bhd selaku pemegang saham pengendali CIMB Niaga mengenai pengunduran diri Dato' Sri Nazir Razak dari jabatannya selaku Presiden Komisaris CIMB Niaga. Pengunduran diri tersebut berlaku efektif 19 Oktober 2018.

Selanjutnya, CIMB Group Sdn Bhd mengusulkan penunjukan Tengku Dato' Sri Zafrul Tengku Abdul Aziz sebagai Presiden Komisaris CIMB Niaga yang baru menggantikan Dato' Sri Nazir Razak. Adapun penunjukan tersebut akan berlaku efektif setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham dan Otoritas yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku.  

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, ”Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dato' Sri Nazir Razak atas pengabdian beliau sebagai Presiden Komisaris yang turut berperan menjadikan CIMB Niaga seperti sekarang ini – Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.”

Tigor melanjutkan, pihaknya juga menyambut baik usulan penunjukan Tengku Dato' Sri Zafrul Tengku Abdul Aziz sebagai Presiden Komisaris CIMB Niaga yang baru. “Kami berkeyakinan dengan pengalaman dan kemampuan yang beliau miliki dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan CIMB Niaga kedepan,” ujarnya.

Sebelumnya, Tengku Dato' Sri Zafrul Tengku Abdul Aziz telah ditunjuk sebagai Komisaris CIMB Niaga melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 24 Agustus 2017 dan efektif tanggal 16 Maret 2018. Saat ini, Tengku Dato' Sri Zafrul Tengku Abdul Aziz juga menjabat sebagai Group Chief Executive Officer (CEO) CIMB Group, perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Beliau telah berkecimpung dan berpengalaman dalam industri jasa keuangan selama lebih dari 20 tahun.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 527 jaringan kantor per 30 Juni 2018, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 455, kantor kas dan payment point sebanyak 24 unit (termasuk 26 digital lounge), dan kas mobil sebanyak 22 unit. CIMB Niaga memiliki 13.620 karyawan per 30 Juni 2018.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2018, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,7 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555
Website: www.cimbniaga.com