English   |   Bahasa
Consumer Banking Business Banking
Tentang Kami
 
You are in :
  Daily Banking  |   Branchless Banking  |   Kartu  |   Pinjaman  |   Wealth Management  |   Bancassurance  |   Remittance  |
 
Consumer Banking > About Us > News > CIMB Niaga Serahkan Beasiswa Unggulan Periode 2012-2016, dan Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif 2012
CIMB Niaga Serahkan Beasiswa Unggulan Periode 2012-2016, dan Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif 2012  

Press Release

Selasa, 13 November 2012

CIMB Niaga Serahkan Beasiswa Unggulan Periode 2012-2016, dan Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif 2012

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (“KEMDIKBUD”) menyelenggarakan program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga periode 2012-2016. Beasiswa diberikan kepada 32 mahasiswa berprestasi tingkat S1 di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Secara simbolis, penyerahan tersebut dilaksanakan di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta, Senin (12/11).

Selain program beasiswa tingkat sarjana, sebagai pengembangan kerjasama di tahun 2012, CIMB Niaga dan KEMDIKBUD juga melaksanakan program Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga, yang diberikan kepada 15 mahasiswa tingkat S1 dan vokasi/politeknik (D3), yang telah menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (wirausaha muda). CIMB Niaga telah mengalokasikan dana masing-masing sebesar Rp1,8 miliar dan Rp540 juta, untuk pelaksanaan program Beasiswa Unggulan dan BUTIK CIMB Niaga.

L. Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga mengungkapkan, sejak 2006 program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga telah diberikan kepada 225 mahasiswa di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini, kami telah menggandeng 11 universitas negeri yang berada dibawah koordinasi KEMDIKBUD untuk pelaksanaannya, yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Hasanuddin.

Menurut Wulan, proses seleksi calon penerima dilakukan secara ketat, mulai dari seleksi akademis, tes potensi akademik, hingga wawancara. Pada akhirnya, diperoleh 32 penerima beasiswa untuk program ini. “Program beasiswa berlangsung selama 8 semester. Setiap bulannya, penerima beasiswa akan memperoleh biaya hidup yang diberikan selama masa kuliah aktif yaitu 40 bulan. Selain itu mereka juga akan menerima laptop, biaya pengembangan diri, serta biaya penyusunan skripsi,” kata Wulan.

Wulan menambahkan, CIMB Niaga bersama KEMDIKBUD secara aktif terus berupaya mencetak tenaga kerja muda yang handal dan berkualitas khususnya di bidang perbankan, melalui program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga. Selain memberikan biaya pendidikan, biaya hidup, dan pengembangan diri, CIMB Niaga juga memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa untuk menjadi bankir profesional di lingkungan CIMB Niaga seusai mereka lulus dari perkuliahannya. “Kegiatan ini sekaligus menjadi wujud komitmen kami dalam melaksanakan program Social Responsibility (SR) di bidang pendidikan,” tutur Wulan.

Sementara itu, Prof Ainun Na’im Ph.D, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengungkapkan, CIMB Niaga merupakan perusahaan yang konsisten dalam menerapkan program SR di bidang pendidikan. Program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga, diharapkan akan menciptakan generasi muda yang cerdas, tangguh, pintar, dan berperan aktif dalam tata perekonomian Indonesia ke depannya.

“Kami sangat mengapresiasi hal ini, dan kami wujudkan dengan memberikan penghargaan kepada CIMB Niaga dalam bentuk “Anugerah Peduli Pendidikan 2011”.

Program Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga

Sebagai pengembangan kerjasama dengan KEMDIKBUD serta bagian dari pemberdayaan ekonomi masyarakat, CIMB Niaga juga memberikan beasiswa lainnya dengan nama Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga kepada 15 mahasiswa tingkat S1 dan vokasi/politeknik (D3), yang telah menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk menciptakan pelaku-pelaku usaha yang mampu mendorong dunia bisnis untuk melahirkan lebih banyak lagi creative social entrepeneurship muda sebagai lokomotif perubahan ke arah bisnis dan kemandirian, serta keseimbangan antara konsep keuntungan dan kesejahteraan.

Menurut Wulan, sangat penting untuk menciptakan pelaku usaha muda yang kuat dan tangguh serta mampu menciptakan peluang di tengah persaingan bisnis yang ketat sekarang ini. “Kepada 15 orang penerima beasiswa BUTIK CIMB Niaga, selain biaya-biaya dan modal usaha yang dibutuhkan, kami juga memberikan pelatihan tentang bagaimana mengembangkan usaha yang baik, dari mulai manajemen tata keuangan, hingga mengoptimalkan akses yang tersedia,” terang Wulan.

CIMB Niaga akan terus mengembangkan program-program pendidikan, sebagai salah satu dari empat pilar CIMB Niaga Peduli. Selain Beasiswa Unggulan dan BUTIK CIMB Niaga, terdapat beberapa program beasiswa lainnya. Antara lain Beasiswa CIMB Niaga (S1 Overseas). Beasiswa ini diberikan kepada pelajar setingkat SMA yang akan melanjutkan pendidikan di tingkat S1 di luar negeri (Malaysia). Bekerjasama dengan CIMB Foundation, sejak 2008 program ini telah memberikan beasiswa kepada 15 pelajar berprestasi.

Selain itu, tersedia juga Beasiswa Khazanah Asia yang diberikan kepada masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 di luar negeri (Malaysia). Sejak diluncurkan pada 2010 bersama Khazanah Foundation, hingga saat ini, sebanyak 7 penerima beasiswa telah terpilih dan melanjutkan pendidikan ke berbagai universitas di Malaysia. Program beasiswa lainnya adalah Beasiswa CIMB Niaga Sampoerna Academy yang diberikan kepada pelajar tingkat SMP berprestasi di Bali, yang ingin melanjutkan pendidikan tingkat SMA dengan pola pendidikan bertaraf internasional. Menggandeng Putera Sampoerna Foundation sejak 2011, hingga saat ini tercatat 25 pelajar telah menerima beasiswa ini.

 

 

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 97,94% saham CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. Bank ini menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 968 jaringan kantor per 30 September 2012, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 608, Mikro Laju sebanyak 314, kantor kas dan payment point sebanyak 46. CIMB Niaga memiliki lebih dari 14.000 karyawan yang tersebar di seluruh Tanah Air.

CIMB Niaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama tumbuh dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan Asia Tenggara, yang mana sesuai dengan brand positioning dari CIMB Group, “ASEAN For You”.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, Bahrain, India, Sri Lanka, Taiwan, Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Nilai kapitalisasi pasar kelompok usaha ini mencapai USD18,2 miliar per 30 September 2012. Karyawannya berjumlah lebih dari 43.000 orang yang tersebar di 18 negara.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Harsya Denny Suryo
Corporate Secretary
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +62 – 21 546 0555 ext. 34019
Fax: +62 – 21 252 6749
Website:
www.cimbniaga.com  

 

Tentang Kami
Tentang CIMB Niaga
Pencapaian
Filosofi Inti, Visi Misi CIMB Niaga
Pengurus & Komite Dewan Komisaris
» Dewan Komisaris
» Direksi
» Sekretaris Perusahaan
» Komite Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah
Tata Kelola Perusahaan
» Anggaran Dasar dan Kebijakan terkait Tata Kelola Perusahaan
» Pengukuran Tata Kelola Perusahaan
» Alamat Kontak Penanggung Jawab
» Penerapan Anti Pencucian Uang & Prinsip Mengenal Nasabah
CIMB Niaga Peduli
» Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga 2013
» Beasiswa Unggulan CIMB Niaga 2013
» Pendidikan
» Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat
» Lingkungan
» Filantropi
» Penghargaan 2012
Data Korporasi
Berita
2014
2013
2012
2011
2010
 
Join Us On or Skype Us
CIMB Group | Financial Information | Group News | Karir | Sitemap BI | Hubungi Kami | Privasi Copyright © 2014 CIMB Group. All rights reserved.