English   |   Bahasa
Consumer Banking Business Banking
Tentang Kami
 
You are in :
  Daily Banking  |   Branchless Banking  |   Kartu  |   Pinjaman  |   Wealth Management  |   Bancassurance  |   Remittance  |
 
Consumer Banking > About Us > News > CIMB Niaga Selenggarakan CIMB ASEAN SME Forum 2012
CIMB Niaga Selenggarakan CIMB ASEAN SME Forum 2012  

Press Release

Kamis, 18 Oktober 2012

CIMB Niaga Selenggarakan CIMB ASEAN SME Forum 2012

 


JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) hari ini menyelenggarakan CIMB ASEAN SME Forum 2012. Bertempat di Ballroom 1 Pacific Place, Ritz Carlton Hotel Jakarta, CIMB ASEAN SME Forum 2012 merupakan kelanjutan dari forum serupa yang telah dilaksanakan di Malaysia (24 September 2012) dan Thailand (9 Oktober 2012). Forum ini fokus pada pembahasan mengenai kondisi ekonomi, peluang bisnis terkini, serta kebijakan yang berlaku di negara-negara ASEAN.

Forum dibuka oleh Arwin Rasyid – Presiden Direktur CIMB Niaga, dengan menghadirkan pembicara, yaitu Subash Bose Pilllai – Direktur Market Integration Directorate ASEAN Economic Community, Sundfitris L. Marulitua – Partner di KPMG Indonesia, Handoyo Soebali – Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga, Winang Budoyo – Chief Economist CIMB Niaga, dan Harsya Denny Suryo – Head of Corporate Affairs CIMB Niaga. 

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga mengungkapkan, dalam forum ini, dibahas bagaimana memaksimalkan potensi yang ada di kawasan ASEAN, serta pentingnya small medium enterprise (SME/Usaha Mikro dan Kecil - UMK) sebagai satu komponen penting dalam pembentukan perekonomian regional di ASEAN menjelang berlakunya ASEAN Economic Community (Komunitas Ekonomi ASEAN) tahun 2015 mendatang.

Handoyo menambahkan, saat pemulihan ekonomi di Amerika Serikat masih berjalan relatif lambat, sementara krisis masih melanda kawasan Eropa, kawasan Asia menjadi satu kawasan yang menyimpan potensi untuk terus tumbuh.

Mengutip laporan Bank Dunia per Juni 2012, Handoyo menyebutkan, berdasarkan proyeksi Bank Dunia hingga akhir tahun 2012, pertumbuhan di kawasan Asia masih lebih tinggi dibandingkan Eropa dan Amerika Serikat. China, menjadi negara dengan proyeksi pertumbuhan tertinggi sebesar 8,2%, disusul India sebesar 6,6%, sementara untuk ASEAN-5 (Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina) mencatat proyeksi pertumbuhan sebesar 5,4%. Angka ini masih lebih baik dari Amerika Serikat yang proyeksi pertumbuhannya di angka 2,1%, atau bahkan Eropa yang pertumbuhannya diproyeksi negatif 0,3%.

“Ini artinya, Asia akan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global ditengah ketidakpastian perekonomian yang terjadi pada beberapa negara maju. Melalui forum ini, dibahas apa yang menjadi kekuatan Asia, khususnya di Asia Tenggara, dan bagaimana para pebisnis bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada,” kata Handoyo.

Menurut Handoyo, ASEAN saat ini telah menjadi satu kekuatan baru di Asia, dan bahkan di dunia. Dengan total PDB yang mencapai lebih mencapai US$2,2 triliun saat ini, kawasan ASEAN terletak di wilayah strategis yang menjadi lintas perdagangan antar negara-negara di kawasan Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Pertumbuhan domestik, serta regulasi yang mendukung perekonomian, menjadikan ASEAN sebagai satu kawasan yang dilirik oleh investor. Hal ini terlihat dari pertumbuhan Foreign Direct Investment (FDI) di kawasan ASEAN dari tahun 2007 hingga 2011 yang mencapai 8,1% menjadi US$106 miliar, hanya sedikit lebih rendah dibanding China yang mencatat pertumbuhan FDI sebesar 8,3% (US$220 miliar) pada tahun 2011.

Handoyo mengungkapkan, pesatnya pertumbuhan FDI di negara-negara ASEAN menunjukkan pentingnya peran UMK dalam mendukung perekonomian regional. CIMB Niaga menyadari betul hal ini. Dengan dukungan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, CIMB Niaga memfasilitasi kebutuhan UMK untuk bisa terus tumbuh dan mendukung perekonomian Indonesia sebagai bentuk dukungan terciptanya perekonomian yang kuat di kawasan ASEAN.

Menurut Handoyo, CIMB Niaga akan menempatkan diri sebagai pintu gerbang di Indonesia, dalam mendukung misi CIMB Group di akhir 2015 sebagai pemimpin franchise di kawasan ASEAN. “Sebagai bagian dari jaringan universal banking terkemuka di Asia Tenggara, CIMB Niaga akan terus berinovasi dalam setiap perubahan yang terjadi, dan mendukung terciptanya perekonomian bersama ASEAN,” kata Handoyo.

 

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 97,94% saham CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. Bank ini menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 919 jaringan kantor per 30 Juni 2012, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 618, Mikro Laju sebanyak 258, kantor kas dan payment point sebanyak 43. CIMB Niaga memiliki lebih dari 14.000 karyawan yang tersebar di seluruh Tanah Air.

 

CIMB Niaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama tumbuh dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan Asia Tenggara, yang mana sesuai dengan brand positioning dari CIMB Group, “ASEAN For You”.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, Bahrain, India, Sri Lanka, Taiwan, Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Nilai kapitalisasi pasar kelompok usaha ini mencapai USD17,8 miliar per 30 Juni 2012. Karyawannya berjumlah lebih dari 43.000 orang yang tersebar di 18 negara.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Harsya Denny Suryo
Corporate Secretary
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +62 – 21
546 0555 ext. 34019
Fax: +62 – 21 252 6749
Website:
www.cimbniaga.com  

Tentang Kami
Tentang CIMB Niaga
Pencapaian
Filosofi Inti, Visi Misi CIMB Niaga
Pengurus & Komite Dewan Komisaris
» Dewan Komisaris
» Direksi
» Sekretaris Perusahaan
» Komite Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah
Tata Kelola Perusahaan
» Anggaran Dasar dan Kebijakan terkait Tata Kelola Perusahaan
» Pengukuran Tata Kelola Perusahaan
» Alamat Kontak Penanggung Jawab
» Penerapan Anti Pencucian Uang & Prinsip Mengenal Nasabah
CIMB Niaga Peduli
» Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga 2013
» Beasiswa Unggulan CIMB Niaga 2013
» Pendidikan
» Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat
» Lingkungan
» Filantropi
» Penghargaan 2012
Data Korporasi
Berita
2014
2013
2012
2011
2010
 
Join Us On or Skype Us
CIMB Group | Financial Information | Group News | Karir | Sitemap BI | Hubungi Kami | Privasi Copyright © 2014 CIMB Group. All rights reserved.